Rabu, 02 Desember 2015

Planet Mirip Bumi Ditemukan Sejauh 14 Tahun Cahaya

Google Ads
Google Ads
Para peneliti dari University of New South Wales mengatakan planet Wolf 1061c diyakini memiliki empat kali massa Bumi. Ini adalah salah satu dari tiga planet yang ditemukan di sekitar bintang katai merah yang dikenal sebagai Wolf 1061.

"Ini merupakan penemuan sangat menarik, karena tiga planet bermassa cukup rendah untuk menjadi berbatu dan memiliki permukaan padat, dan planet tengah, Wolf 1061c, duduk dalam zona 'Goldilocks' di mana ada kemungkinan keberadaan air cair -- dan bahkan mungkin ada kehidupan -, "kata pemimpin penulis, Duncan Wright dari UNSW.

Planet Bumi


"Hal ini menarik untuk karena luasnya ruang angkasa, dan berpikir ada sebuah bintang sangat dekat dengan kita (tetangga dekat) bisa menjadi tuan rumah sebuah planet yan layak huni,"ungkap Wright

Para peneliti mengatakan dalam sebuah rilis berita, tiga planet baru terdeteksi mengorbit bintang yang relatif dingin dan stabil Wolf 1061 setiap lima, 18 dan 67 hari.

Planet kecil berbatu diyakini keberadaanya umum di galaksi kita, tetapi sebagian besar Exoplanets ditemukan sejauh ratusan atau ribuan tahun cahaya.

Satu pengecualian, peneliti mencatat, adalah Gliese 667Cc, yang berada 22 tahun cahaya dari Bumi. Ia mengorbit bintang katai merah, namun tidak setiap 28 hari, ia juga bermassa lebih dari empat kali Bumi.

"Keberadaan planet-planet di sekitar Wolf 1061 yang tidak jauh, memiberi kesempatan baik bagi planet ini melintasi bintang. Jika mereka melakukannya, maka memungkinkan untuk mempelajari atmosfer planet ini di masa depan, untuk melihat apakah mereka kondusif untuk kehidupan, "kata anggota tim peneliti, Rob Wittenmyer.

Penemuan ini akan dipublikasikan dalam edisi depan Astrophysical Journal Letters.
Google Ads

Planet Mirip Bumi Ditemukan Sejauh 14 Tahun Cahaya

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+
Back To Top