Rabu, 02 Desember 2015

Superflare Matahari Bisa Mengganggu Kehidupan di Bumi

Google Ads
Google Ads
Para peneliti di University of Warwick menulis dalam The Astrophysical Journal Letters, mengatakan bahwa mereka telah mengamati "superflare" pada biner bintang yang jauh di galaksi Bima Sakti.

Peneliti mengatakan, jika Superflare ribuan kali lebih kuat dari apa yang telah kita bayangkan sebagai "standar" semburan api matahari.

Superflare merupakan semburan besar energi yang melompat keluar jutaan kilometer dari permukaan matahari, mempengaruhi peralatan elektronik dan komunikasi di Bumi pada banyak kesempatan.

Badai Matahari

Bom Miliaran Megaton

"Semburan api matahari yang khas dapat memiliki energi setara dengan bom 100-juta-megaton, tapi superflare pada matahari bisa melepaskan energi setara dengan bom miliaran megaton," kata para peneliti dalam sebuah rilis berita.

Menurut Chloe Pugh di Center for Fusion, Space and Astrophysics, Universitas Inggris. Sebuah superflare di tata surya akan mendatangkan malapetaka pada bumi, atau lebih buruk, Untungnya, ia menambahkan, sepanjang sejarah pengamatan, aktivitas matahari menunjukkan perkembangan seperti itu sangat tidak mungkin.

"Bintang yang sangat mirip dengan matahari telah diamati menghasilkan flare besar, disebut superflares," menurut peneliti utama dari tim Universitas Warwick. "Untuk memberikan indikasi lebih baik, apakah matahari bisa menghasilkan bencana superflares, kami perlu menentukan apakah proses fisik sama bertanggung jawab untuk menghasilkan superflares pada bintang, dan semburan api matahari."tambah para peneliti.
Google Ads

Superflare Matahari Bisa Mengganggu Kehidupan di Bumi

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+
Back To Top